Pesan Nasi Tumpeng di GandariaMeskipun bukan makanan yang dinikmati setiap hari, semua orang Indonesia tahu dan mengenal dengan baik nasi tumpeng. Nasi tumpeng merupakan hidangan special yang hanya dibuat dan disajikan di even-even tertentu. Seperti perayaan HUT RI, syukuran, pernikahan, acara pertunangan dan lainnya. 

Nasi tumpeng merupakan makanan autentik yang bahkan dinobatkan oleh Kementerian Pariwisata RI sebagai ikon kuliner nusantara. Bila dilihat dan dipelajari berdasarkan historinya, nasi tumpeng merupakan makanan khas Jawa. Di mana masing-masing lauk pauknya sendiri memiliki makna tersendiri. 

Pesan Nasi Tumpeng di Gandaria: Sejarah dan Makna Nasi Tumpeng

Dalam bahasa Jawa tumpeng merupakan “yen metu kudu mempeng” bila diterjemahkan lebih dalam ke bahasa Indonesia artinya suatu pekerjaan atau kegiatan hendaknya dikerjakan sebaik mungkin dengan bersemangat dan penuh keyakinan.

Pesan Nasi Tumpeng di Gandaria

Nasi tumpeng bukan jenis hidangan modern karena sudah ada sejak sangat lama. Bagi masyarakat Jawa termasuk Bali dan Madura, membuat nasi tumpeng merupakan bentuk penghormatan pada pencipta atau para leluhur. 

Sementara itu, bentuk kerucut pada nasi tumpeng memiliki makna tersendiri yang konon memvisualisasikan kondisi geografis Indonesia yang sangat subur karena memiliki banyak gunung. Zaman dahulu, gunung dianggap suci karena menjadi tempat tinggal para leluhur dan dewa.

Namun, seiring pertambahan usia makna nasi tumpeng telah mengalami banyak perubahan mengikuti zaman dan pola pikir manusia. Dengan membuat nasi tumpeng diharapkan akan memiliki kehidupan yang berkah dan sejahtera. 

Dalam proses penyajiannya tumpeng disajikan dengan tatanan yang indah. Bukan hanya terdiri dari nasi kuning berbentuk kerucut tapi juga dilengkapi dengan enam lauk pauk berbeda.  Hal ini sudah banyak diterapkan oleh penyedia layanan pesan nasi tumpeng di Gandaria murah. 

Infografik Bentuk Tumpeng

Makna Unik Dibalik Tujuh Macam Menu Nasi Tumpeng

  • Nasi Kuning Kerucut

Makna bentuk kerucut sudah mengalami banyak pergeseran, dari menggambarkan gunung khas kekayaan alam Indonesia hingga dimaksudkan sebagai lambang kehidupan sejahtera. Ada juga yang memproyeksikannya sebagai gambaran hubungan antara alam, Sang Maha Kuasa dan manusia itu sendiri.

Sementara warna kuning pada nasi tumpeng memiliki makna yang berbeda. Di mana, semakin berwarna menu secara otomatis akan semakin cerah harapan dan kesejahteraan masa depannya nanti. Inilah yang membuat banyak orang lebih tertarik membuat atau membeli nasi tumpeng berwarna kuning. 

  • Ikan Teri

Ikan teri berbeda dengan ikan lainnya yang terbiasa hidup sendiri, mereka lebih suka hidup berdampingan dan berkelompok. Dengan sifat itulah, diharapkan manusia akan hidup rukun dengan baik dan penuh kesederhanaan. 

Agar menggugah selera, ikan teri diolah sedemikian rupa biasanya dengan cara dibalur tepung atau dibuat sambal teri. Bagi yang hobi makanan pedas bisa pesan rasa pedas pada layanan pesan nasi tumpeng di Gandaria online. Sehingga lauk yang dikirimkan memiliki cita rasa yang sesuai dengan lidah Anda. 

  • Ayam Ingkung

Ayah utuh khas Jawa yang sering kali terlihat di pesanan nasi tumpeng Jawa. Membuat ayam ingkung membutuhkan teknik tersendiri yang cukup rumit dengan beberapa rempah khas nusantara. Ayam yang digunakan pun tidak bisa sembarangan, harus ayam pejantan.

  • Telur Rebus

Alih-alih mengolahnya menjadi telur dadar, jasa pesan nasi tumpeng khas Jawa lebih sering mengolah telur menjadi telur rebus utuh. Dalam filosofi Jawa, telur rebus utuh melambangkan konsep etos kerja atau bertanggung jawab. Karena sebelum disantap bulat-bulat, kita harus mengupas kulit telurnya terlebih dahulu. 

  • Orek Tempe

Selain membuat sambal teri, lauk lain yang wajib dibuat adalah orek tempe. Tempe melambangkan kesederhanaan dan merakyat. Dengan mengonsumsi tempe diharapkan seseorang akan lebih bersyukur dan menghindari sifat congkak. Rasa manis yang ada pada orek tempe, melambangkan hidup manis bisa dilalui dan dicecap cukup dengan kesederhanaan. 

  • Sayur Urap

Dibuat dari berbagai sayuran pilihan yang direbus dan dimasak dengan parutan kelapa. Menu sayur ini sebenarnya sangat familier karena sering kali ditawarkan sebagai menu andalan warung tegal. Tapi, tahukah Anda jika masing-masing sayur pada sayur urap memiliki makna tersendiri?

  • Bayam melambangkan ketenteraman
  • Kangkung melambangkan perlindungan
  • Kecambah artinya tumbuh
  • Kacang panjang melambangkan pemikiran yang visioner selalu melihat hal-hal jauh ke masa depan
  • Sementara bumbu urap diartikan sebagai kemampuan untuk menyejahterakan keluarga dengan cara menafkahi.
  • Kerupuk Udang

Dan terakhir sebagai menu penutup kita biasanya mengonsumsi kerupuk udang yang memiliki makna tersendiri. Konon kerupuk melambangkan kreativitas manusia sementara udang bermakna kekayaan laut. Menariknya lagi, bunyi keriuk yang meriah selagi makan kerupuk udang juga memiliki arti tersendiri yakni keceriaan. 

Itulah tujuh lauk pauk yang selalu ada pada nasi tumpeng baik yang dibuat sendiri maupun yang dibeli dari jasa catering tumpeng Gandaria. Saat memesan di jasa catering, Anda bisa memesan menu ini atau menu lainnya, cukup sesuaikan antara budget dengan harga pesan nasi tumpeng di Gandaria.

Pada umumnya berbeda lauk pauk akan berbeda pula harga jualnya. Hal yang sama berlaku untuk ukuran nasi tumpeng itu sendiri. Jika nasi tumpeng yang dibeli ukurannya besar tentunya harga jual tumpeng jauh lebih mahal. Berbanding terbalik jika tumpeng dijual dengan ukuran mini yang cukup dinikmati sekali makan oleh masing-masing individu.

Saat memilih untuk pesan nasi tumpeng di Gandaria, pastikan Anda mengetahui informasi detail lauk dan harga yang mereka tentukan. Jangan asal setuju dan melakukan pemesanan, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui profesionalisme dari jasa catering tumpeng bersangkutan.