Jual Tumpeng Mini Jakarta – Nasi tumpeng adalah makanan tradisional yang hingga saat ini masih digemari untuk sajian berbagai perayaan. Bahkan nasi tumpeng menjadi salah satu ikon kuliner di Indonesia. Itulah sebabnya tidak heran jika sampai sekarang, nasi tumpeng tetap menjadi ciri khas masakan tanah air yang sangat digemari, apalagi untuk nasi tumpeng kekinian seperti tumpeng mini.

Jual Tumpeng Mini Jakarta

Nasi tumpeng biasa disajikan dalam tampah bulat dan berukuran agak besar. Biasanya tampah ini terbuat dari anyaman bambu dan diberi alas daun pisang kemudian diletakkan nasi kuning atau nasi lainnya yang berbentuk kerucut terbalik serta berbagai lauk-pauk. Kadang dalam perayaan tertentu, sebelum dilakukan pemotongan puncak nasi tumpeng, maka dijelaskan dulu makna nasi tumpeng dilanjutkan dengan berdoa. Nasi tumpeng yang sudah dipotong diberikan kepada orang-orang tertentu yang dihormati.

Jual Tumpeng Mini Jakarta online!

Kini sudah tersedia nasi tumpeng ukuran mini dan bisa disajikan pada acara-acara tertentu sebagai bentuk rasa syukur dan kebahagiaan. Tumpeng mini juga berbentuk kerucut terbalik. Nasi tumpeng mini kini semakin digemari, bahkan rasanya juga enak. Untuk menikmatinya bisa mengunjungi tempat jual nasi tumpeng mini Jakarta enak, atau saat ini bisa juga pesan online.

Meskipun mini, lauk yang disajikan juga lezat bahkan tersedia ayam goreng. Nasi tumpeng mini sederhana tetap dikenal dengan nasi tumpeng serta tidak menghilangkan perannya sebagai simbol. Meskipun berukuran kecil, namun nasi tumpeng mini memiliki filosofi tersendiri. Nasi tumpeng mini yang ditawarkan ada dalam bentuk paket bahkan ada juga nasi tumpeng mini karakter.

Untuk nama paketnya mungkin tergantung dimana tempat pemesanan. Paket yang dikenal saat ini ada paket merapi, paket bromo, paket ceremai, paket Krakatau. Berbeda nama paket, berbeda juga harganya dan lauk-pauk yang disajikan.

Jual Tumpeng Mini Jakarta Dengan Berbagai Maknanya

Untuk penyajian nasi tumpeng mini murah ini biasanya disajikan dengan beberapa macam lauk-pauk, hampir sama dengan nasi tumpeng biasa. Lauk-pauk tersebut memiliki makna tersendiri seperti:

  1. Nasi bentuk kerucut

Bentuk nasi tumpeng menyerupai kerucut mini ini bukan tanpa makna, tetapi diartikan sebagai sebuah harapan hidup. Agar hidup itu selalu sejahtera dan selalu bersyukur kepada Allah. Untuk nasi yang berwarna putih, maka maknanya suci sehingga nasi tumpeng banyak dihadirkan ketika ada upacara keagamaan tertentu. Sedangkan warna kuning yang mengartikan sejahtera dan kekayaan. Selain itu, nasi yang berbentuk seperti gunung itu menyimpan pesan bahwa apapun yang kita makan harus berasal dari sumber yang bersih dan halal.

  1. Ikan

Dulu, ikan yang biasanya disajikan bersama nasi tumpeng ialah ikan lele yang bermakna ketabahan dan tegar untuk hidup meskipun dalam keadaan sulit sekalipun. Mengapa demikian? Karena ikan lele ini adalah hewan yang kuat yang bisa hidup di air yang tidak mengalir bahkan bisa hidup di dasar sungai. Selain itu, juga ada disajikan ikan teri yang biasanya digoreng. Di habitatnya, ikan teri hidup  bergerombol dengan ikan pethek yang dalam kehidupan manusia dimaknai dengan kerukunan dan kebersamaan. Saat pesan nasi tumpeng mini Jakarta, Anda bisa memilih mau pesan daging ikan yang mana.

  1. Ayam goreng

Ayam juga menjadi salah satu lauk yang disajikan bersama nasi tumpeng. Dulu, ayam yang digunakan ialah ayam jago dimasak dengan campuran bumbu kuning serta tambahan kaldu yang kental. Makna yang bisa diambil yaitu sebagai simbol menyembah Allah dengan khusyuk serta menghadirkan hati yang tenang.

Mengapa dipilih ayam jago? Karena ayam jago memiliki sifat sombong, sehingga dengan menyembelih ayam jago, maka diharapkan agar kita semua menghindari dan menghilangkan sifat sombong yang ada dalam diri kita, menghilangkan sifat congkak, merasa benar sendiri serta tidak setia.

Sajian berbagai jenis masakan ayam mewarnai paket nasi tumpeng masa kini, ada ayam goreng krispy untuk nasi tumpeng mini paket merapi dan ayam suwir pedas untuk paket bromo. Saat ini, nasi tumpeng mini sangat mudah didapatkan yaitu dengan cara memesan nasi tumpeng mini di tempat jual tumpeng mini Jakarta.

  1. Telur rebus

Lauk pauk selanjutnya yang digunakan untuk sajian nasi tumpeng ialah telur yang direbus utuh. Tidak menggunakan telur mata sapi ataupun telur dadar. Bahkan telur ini disajikan dengan kulit yang masih utuh, tidak dikupas dan dibelah. Mengapa digunakan telur rebus ini? Karena ini disimbolkan bahwa semua orang yang hidup di dunia dilahirkan dengan fitrah yang sama, namun yang membedakan adalah karakter, tingkah laku dan ketakwaannya. Saat ini dalam penyajian nasi tumpeng mini yang dipesan melalui catering, lauk telur sudah ada varian baru yaitu telur dadar iris dan telur pindang.

  1. Sayur urap

Ini adalah sajian pelengkap nasi tumpeng yang menggunakan bahan-bahan seperti kangkung, kacang panjang, kluwih, taoge, daun bayam serta bumbu-bumbu sambal parutan kelapa dengan makna:

  • Kangkung dimaknai sebagai pelindung atau melindungi.
  • Kecambah dimaknai dengan tumbuh.
  • Daun bayam dimaknai dengan adem ayem dan tentram.
  • Kacang panjang dimaknai sebagai pemikiran yang jauh ke depan.
  • Kluwih bermakna memiliki kelebihan dibandingkan yang lain
  • Bumbu urap dimaknai dapat menghidupi keluarga, serta
  • Cabe merah yang diletakkan di atas puncak nasi tumpeng bermakna api yang memberikan penerangan. Jadi, jika dikaitkan dengan manusia, maka manusia yang bisa bermanfaat bagi orang lain dan suka membantu orang memecahkan masalah.

Itulah sekilas info yang bisa kami berikan tentang nasi tumpeng. Bagi yang ingin menikmati nasi tumpeng bisa memesannya di tempat jual tumpeng mini Jakarta. Harga yang ditawarkan tentunya bervariasi. Langsung saja hubungi kami untuk menanyakan info lebih lanjut, bahkan bisa pesan delivery order secara online.

Sending
User Rating 5 (1 vote)