Pesan Nasi Tumpeng di Mampang – Siapa yang tahu dengan nasi tumpeng? Ya, nasi tumpeng seakan menjadi salah satu ikon Indonesia dimana banyak sekali acara – acara baik informal maupun formal selalu menghadirkan nasi tumpeng sebagai suatu perwujudan rasa syukur atas keberhasilan yang telah di capai.  Nasi tumpeng kini sangat mudah didapat karena permintaan nasi tumpeng yang kian melejit. Nah, salah satu tempat yang menyediakan jasa nasi tumpeng salah satunya ada di tempat pesan nasi tumpeng di Mampang Jakarta Selatan. Dengan memesan di tempat pesan nasi tumpeng di Mampang Jakarta Selatan, Anda tak perlu repot lagi membuat nasi tumpeng dari 0, sebab Anda hanya akan menerima jadi dan membayarkan uang seharga dari nasi tumpeng tersebut.

Nah, membahas mengenai nasi tumpeng, tahukah Anda bahwa nyatanya ada banyak jenis nasi tumpeng yang juga memiliki artinya masing – masing. Penasaran? Untuk informasi lebih jelasnya, yuk simak informasi berikut ini mengenai macam dan arti nasi tumpeng yang ada di Indonesia ya!

Pesan Nasi Tumpeng di Mampang Jakarta Selatan

Tumpeng Robyong

Tumpeng jenis pertama adalah tumpeng robyong. Tumpeng ini merupakan salah satu jenis tumpeng yang biasanya dihadirkan pada saat adanya pelaksanaan upacara – upacara yang kondisnya bersuka cita ( bersenang – senang ). Slah satu acara yang biasanya menghadirkan tumpeng robyong ini adalah pada saat upacara khitanan dan juga pernikahan.

Tumpeng ini juga memiliki suatu perbedaan dari tumpeng yang lainnya dimana pada bagian atas tumpeng ini aka nada telur ayam utuh, yang disertai dengan bawang merah utuh serta terasi bakar dan juga cabai merah. Tenang saja, karena semua bahan tersebut nantinya akan ditempelkan dengan menggunakan sebuah bilah bambu sehingga Anda tidak perlu khawatir jika ujung tumpeng robyong ini nantinya akan rubuh dan menghancurkan bentuk tumpeng tersebut.

Tumpeng ini juga memiliki makna tersendiri, dimana dalam tumpeng ini sarat akan nilai – nilai kesejahteraan, keselamatan, dan juga nilai – nilai kesuburan. Tumpeng ini nantinya akan berbentuk seperti sebuah gunung dimana diibaratkan adanya air nantinya akan terus mengalir dari gunung tersebut dan mampu menghidupkan tumbuhan serta makhluk hidup yang ada di sekitarnya.

Tumpeng Nujuh Bulan

Tumpeng yang selanjutnya adalah tumpeng nujuh bulan. Tumpeng Nujuh Bulan adalah tumpeng yang biasanya digunakan dalam rangka melakukan syukuran di dalam masyarakat Jawa. Tumpeng ini masih memiliki kesamaan dengan tumpeng lainnya dimana tumpeng ini memiliki bentuk berupa kerucut dan memiliki makna berupa penghormatan dan rasa syukur terhadap Tuhan yang maha esa. Pada bagian bawah tumpeng ini bentuknya semakin melebar yang memiliki makna bahwa kita semua telah menerima rahmat Tuhan yang maha Esa. Makna ini tentunya memiliki bentuk filosofis dan  diharapkan kedepannya akan datang banyak kebaikan untuk jabang bayi si ibu.

Untuk lauknya sendiri juga bermacam – macam. Biasanya lauk yang digunakan antara lain udang, perkedel, tempe orek,  ayam, bacem, timun, jengkol, dan lain sebagainya. Namun, semakin berkembangnya zaman, lauk pauk nasi tumpeng ini mulai divariasikan.

Tumpeng Pungkur

Tumpeng jenis selanjutnya adalah jenis tumpeng pungkur. Dimana tumpeng ini merupakan suatu tumpeng yang terdiri dari 2 bagian dan diletakan dengan posisi yang saling bertolak belakang diantara keduanya. Sehingga porsi tumpeng ini biasanya akan lebih banyak. Tumpeng ini biasanya menggunakan lauk pauk dengan rasa yang tidak terlalu pedas ditambah dengan gudang – gudangan dan juga urapan.  Tumpeng ini juga tidak memiliki kecambah, bahkan jengkol dan juga kangkung.

Tumpeng pungkur ini memiliki makna, dimana tumpeng ini merupakan suatu perpisahan antara orang yang masih hidup di dunia dengan orang yang meninggal dan sudah berpindah ke alam akhirat. Tumpeng pungkur ini ditujukan agar para manusia bebas dari gangguan hidup dan kejahatan dan dapat selamat lahir dan batin dalam menghadapi kehidupannya. Tumpeng ini juga biasanya digunakan untuk simbol tolak bala dan diharapkan supaya keluarga yang ditinggalkan akan semakin tenteram.

Tumpeng Warna

Tumpeng warna yang biasanya familier di masyarakat Indonesia adalah tumpeng kuning dan tumpeng putih. Biasanya untuk acara – acara sakral, tumpeng berwarna putih lebih banyak digunakan sebab warna putih dari tumpeng ini melambangkan adanya kesucian sehingga akan lebih cocok jika dikaitkan dengan kesakralan acara tersebut. Sedangkan biasanya tumpeng kuning digunakan untuk acara – acara informal seperti ulang tahun, acara keluarga dan semacamnya.

Untuk lauk, biasanya tumpeng putih lebih sering mengombinasikan ikan asin, tempe dan juga tahu bacem, namun untuk ayam, tumpeng putih tidak menggunakan ayam goreng, dan sebagai gantinya tumpeng putih menggunakan ayam ingkung. Sedangkan untuk tumpeng kuning biasanya lebih banyak variasi lauknya. Misalnya seperti abon, perkedel, telur dadar, kering – keringan, serta irisan – irisan dari ketimun yang sangat segar.

Tumpeng Modern

Nah, yang terakhir adalah tumpeng modern, dimana tumpeng ini nantinya akan sangat banyak sekali modifikasinya. Misalnya seperti dibentuk kartun – kartun lucu, sehingga dapat lebih menyerupai suatu karakter, dan lain sebagainya. Biasanya tumpeng modern ini banyak digunakan untuk pengganti kue ulang tahun untuk anak – anak. Namun, biasanya tumpeng karakter akan lebih banyak effort untuk membuatnya, sehingga tidak menutup kemungkinan jika harga yang dikenakan lebih mahal.

Nah, itu dia beberapa jenis tumpeng yang biasanya di jua di tempat pesan nasi tumpeng di Mampang Jakarta Selatan. Semoga bermanfaat untuk Anda dan dapat menjadi referensi Anda dalam rangkap memilih suatu tumpeng untuk acara Anda nantinya sesuai dengan makna dari tumpeng tersebut.

Sending
User Rating 5 (1 vote)