Pesan Nasi Tumpeng di Radio Dalam – Nasi tumpeng yang berkualitas tentunya bisa dilihat dari rasa dan tampilan dari nasi tumpeng itu sendiri. Jika Anda ingin membuat nasi tumpeng berkualitas, ada beberapa tips memilih beras yang baik dan benar. Berikut ini  tips-tips memilih beras yang bisa Anda ikuti.

Pesan Nasi Tumpeng di Radio Dalam

Tips Memilih Beras Untuk Nasi Tumpeng

  • Perhatikan Tekstur

Dari tekstur Anda bisa melihat apakah beras tersebut layak untuk dikonsumsi atau tidak. Beras berkualitas baik memiliki tekstur yang kuat dan tidak mudah pecah saat ditekan. Berbeda dengan beras kualitas kurang baik yang cenderung mudah patah saat ditekan.

Itulah sebabnya Anda harus menekan terlebih dahulu sampel beras yang ada. Dengan begitu Anda bisa menyimpulkan seberapa baik beras tersebut untuk dimasak menjadi nasi tumpeng.

  • Perhatikan Warna

Selain tekstur, beras berkualitas juga bisa dilihat dari warnanya. Saat ini banyak beredar beras pemutih di pasaran, itulah sebabnya Anda harus benar-benar teliti dalam memilih beras untuk dikonsumsi.

Pada beras berkualitas memiliki warna yang tidak terlalu putih seperti pemutih. Sebaliknya, beras berkualitas adalah beras yang memiliki warna sedikit kekuningan, tetapi tetap bening. Jika Anda mendapati beras yang terlalu putih, sebaiknya jangan dipilih sebab bisa jadi beras tersebut memiliki kandungan pemutih.

  • Tidak Ada Kutu

Tempat pesan nasi tumpeng di radio dalam pastinya akan menggunakan beras berkualitas, bersih, dan tanpa kutu. Umumnya beras yang terdapat kutu di dalamnya merupakan beras lama. Karena sudah lama, kualitas beras pun juga tidak bersih dan tidak baik untuk dibuat menjadi tumpeng.

Tetapi sisi positif jika beras terdapat kutu artinya beras tersebut asli tanpa pemutih. Asalkan kutu yang Anda temui di sampel beras tidak banyak.

  • Amati Butirannya

Butiran beras juga berpengaruh terhadap kualitas beras yang ingin Anda gunakan untuk membuat nasi tumpeng. Dengan cara mengamati butiran beras, Anda bisa menyimpulkan apakah beras tersebut baru atau sudah lama.

Tak hanya mengamati Anda juga harus memegang beras. Jika di tangan Anda meninggalkan bekas seperti tepung, itu artinya beras sudah lama dan tidak layak konsumsi karena biasanya aroma beras tersebut cenderung apek.

  • Pilih Beras yang Tidak Menempel

Selain kandungan pemutih, Anda juga harus berhati-hati terhadap kandungan pelicin yang dimasukkan oleh oknum tak bertanggung jawab. Pada jenis beras berkualitas bagus tidak akan menempel apabila Anda meremasnya.

Sedangkan beras dengan kandungan pelicin, maka beras akan cenderung menempel di tangan. Kandungan pelicin ini harus dihindari karena sangat berbahaya untuk kesehatan dan tubuh seseorang.

  • Cium Aroma Beras

Berhati-hatilah saat memilih beras, sebab di pasaran sudah ada banyak jenis beras yang mengandung pewangi buatan. Jika Anda mendapati beras dengan harum yang sangat wangi, sebaiknya jangan beli beras tersebut.

Tetapi, apabila Anda mendapati aroma beras seperti apek, itu artinya beras sudah lama. Jika beras lama dimasak untuk tumpeng, maka rasanya akan kurang enak dan cenderung mudah basi. Jadi, pastikan Anda memilihnya dengan cermat.

  • Pilih Beras Bersih

Beras yang bersih adalah beras yang tidak mengandung jenis kotoran apa pun. Entah itu kotoran gabah, batu, ataupun kerikil kecil-kecil. Pada jenis beras yang bersih, kesehatannya lebih terjamin dan rasanya pun jauh lebih enak dan pulen.

  • Pilih Beras Kemasan

Pesan nasi tumpeng di radio dalam yang enak biasanya menggunakan jenis beras kemasan. Selain kualitasnya lebih terjamin, beras kemasan juga jauh lebih aman dan mampu menghasilkan nasi yang pulen untuk tumpeng.

Tips Menghias Saat Ada Yang Pesan Nasi Tumpeng di Radio Dalam

  • Menyiapkan Alat yang Diperlukan

Sebelum menghias tumpeng, sebaiknya siapkan semua alat-alat yang dibutuhkan agar proses menghias nasi tumpeng jadi lebih mudah. Beberapa alat yang wajib Anda siapkan adalah cetakan, pisau, cutter, dan lidi.

  • Cetak Nasi dengan Baik

Agar tampilan tumpeng lebih menarik, cetak nasi dengan baik dan benar. Jika Anda ingin nasi tumpeng bentuk kerucut, maka gunakanlah cetakan bentuk kerucut. Dengan begitu hasil nasi tumpeng akan sesuai dengan harapan.

  • Perhatikan Susunan

Anda bisa menggunakan lauk apa saja untuk mengisi tampah nasi tumpeng. Tetapi hal yang harus diperhatikan adalah susunannya agar tumpeng mampu menarik perhatian. Yang terpenting adalah lauk harus disusun dengan cara mengelilingi kerucut nasi tumpeng.

  • Perhatikan Warna Lauk

Selain susunan, warna lauk pendamping tumpeng juga harus diperhatikan. Umumnya lauk pendamping berwarna merah tua atau kecoklatan, agar menarik hindari menyusun lauk dengan warna yang sama.

Cobalah untuk menyusun lauk dengan cara selingan memainkan warna-warni yang ada. Dengan permainan warna yang tepat maka nasi tumpeng akan jauh lebih menarik.

  • Gunakan Hiasan Alami

Agar tampilan akhir nasi tumpeng lebih menarik, biasanya pihak catering pesan nasi tumpeng di radio dalam akan menggunakan hiasan alami. Misalnya menggunakan cabai, tomat, timun, dan selada segar di pinggiran nasi tumpeng.

Agar lebih menarik, Anda juga bisa membuat bunga dari cabai atau memotong cabai sebagai taburan di atas lauk. Jangan untuk lupa untuk  menggunakan bahan-bahan yang segar agar aman dikonsumsi para tamu undangan.

Itu tadi tips memilih beras dan menghias nasi tumpeng yang bisa Anda tiru. Jika tak ingin repot-repot membuat nasi tumpeng, cukup pesan nasi tumpeng di radio dalam melalui Nasi Tumpeng Jakarta Selatan. Cukup menghubungi ke 0812.8760.8239 atau email ke order@royaltumpeng.com. Dengan begitu Anda hanya akan menunggu sampai pesanan datang ke rumah tanpa perlu repot-repot memasak sendiri.