Pesan Nasi Tumpeng di JagakarsaNasi tumpeng adalah sajian yang terbuat dari nasi yang diberi warna kuning. Bentuknya disajikan dengan cukup unik yaitu berbentuk kerucut terbalik. Namun selain  berwarna kuning, nasi tumpeng juga dibuat berwarna putih yang disajikan dalam berbagai perayaan. Nasi tumpeng bukan sajian asal-asalan karena melalui nasi tumpeng ada harapan dan makna kebaikan yang terselip di dalamnya. 

Zaman dulu, nasi tumpeng hanya disajikan saat ada acara-acara tradisional keagamaan. Namun, seiring perkembangannya nasi tumpeng kini bebas disajikan dalam bentuk apa saja dan untuk acara apapun tanpa ada larangan. Bagi masyarakat Jawa, sajian nasi tumpeng ini adalah bagian akulturasi dari budaya lokal sehingga sulit dihilangkan. Tumpeng ini sendiri memiliki makna, bukan disajikan asal-asalan sehingga patut dilestarikan. 

Pesan Nasi Tumpeng di Jagakarsa

Nasi Tumpeng Yang Kental Dengan Budaya Tradisional Indonesia

Pesan nasi tumpeng di Jagakarsa Jakarta Selatan online untuk  masyarakat Jawa dan Bali sangat kuat memiliki makna karena berhubungan dengan keagamaan masyarakat di tempat tersebut. Meskipun awalnya simbol nasi tumpeng dikaitkan  dengan agama Hindu, tetapi setelah hadirnya agama Islam maka makna dari simbol nasi tumpeng disesuaikan dengan ajaran Islam. 

Bentuk kerucut terbalik dari nasi tumpeng yang disimbolkan sebagai gunung. Ini memperlihatkan bahwa gunung adalah ciptaan Tuhan yang cukup penting bagi masyarakat di mana gunung juga bisa dijadikan sebagai mata pencaharian. Begitu juga dengan lauk pauk seperti ikan dan berbagai macam sayuran juga memiliki makna masing-masing. Bahkan makna-makna tersebut dikaitkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan. Juga ada beberapa sayuran yang memang sudah sering disajikan bersama nasi tumpeng.

Sehingga dengan disajikan nasi tumpeng pada sebuah acara terdapat harapan yang mereka selipkan sesuai makna sajian tersebut. Nasi tumpeng adalah harapan untuk hidup yang lebih baik. Tingginya gundukan nasi tumpeng diharapkan agar kehidupan manusia semakin berkembang dengan baik. 

Ternyata nasi tumpeng ini bukan saja ada di masyarakat Indonesia saja tetapi juga diterapkan di sebagian masyarakat berkebangsaan Eropa. Penyajian nasi tumpeng bagi mereka juga hampir sama dengan yang ada di Indonesia yaitu ketika ada acara-acara tertentu seperti ulang tahun, pengangkatan jabatan kerja, syukuran rumah baru.

Alasan Pesan Nasi Tumpeng di Jagakarsa Jakarta Selatan untuk Sajian Wajib 1 Suro

Saat mendengar kata 1 Suro tentunya masyarakat Jawa sudah paham dengan kata ini. Yaitu perayaan tahun baru Hijriah yang sama jadwalnya dengan malam 1 Suro yang tercantum di kalender masyarakat Jawa. Tradisi yang juga kuat dengan budaya lokalnya serta pesan moral yang bisa didapatkan. 

Acara tersebut dirayakan dengan rombongan yang berjalan beriringan atau dikenal juga dengan nama kirab. Nah, ketika ada iringan inilah  nasi tumpeng disajikan sebagai sajian utama. Berbeda lagi dengan yang ada di Semarang, nasi tumpeng di sana dimakan secara bersama-sama. Kegiatan semacam ini dikenal dengan nama kembul bujana. Setelah dibacakan doa, barulah masyarakat di sana menikmati sajian nasi tumpeng dengan duduk mengelilingi nasi tumpeng yang bisa didapatkan dari pesan nasi tumpeng di Jagakarsa Jakarta Selatan murah tersebut. Tentu saja kegiatan ini sekaligus berdoa dengan harapan agar ke depannya hidup mereka semakin baik lagi. Meskipun ada berbeda kegiatan dalam menyantap nasi tumpeng ini namun ada satu hal yang sama yaitu harapan mereka untuk kehidupan yang lebih baik. 

Mengenai sajian nasi tumpeng ketika perayaan tahun baru ataupun 1 suro ini menurut seorang pakar kuliner yang bernama Arie Parikesit, adalah karena banyak budaya sebelum Islam yang masih dipakai oleh masyarakat Jawa dalam perayaan syukuran. Hal ini bermakna bahwa mereka bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Tuhan mereka. 

Tradisi atau budaya nasi tumpeng memang sudah ada sebelum masuknya agama ke Indonesia. Hingga setelah hadirnya agama, bentuk dari tradisi nasi tumpeng ini dikaitkan dengan agama. Ini disebabkan karena masyarakat Jawa yang cukup kental dengan keagamaan atau religiusnya. 

Saat ini nasi tumpeng masih menjadi makanan khas Indonesia di mana bukan saja disajikan saat acara tradisonal saja, tetapi dalam berbagai macam acara bisa dihidangkan. Bentuknya juga tidak terpaku pada bentuk kerucut terbalik lagi. Dulunya pesan nasi tumpeng di Jagakarsa Jakarta Selatan enak hanya tersedia dalam dua warna yaitu nasi tumpeng kuning dan nasi tumpeng putih, kini ada inovasi baru nasi tumpeng berwarna hijau. 

Mengenai lauk pauknya juga sudah semakin bervariasi, begitu juga bentuk yang semakin unik. Apapun bentuk dan lauk pauk yang digunakan setidaknya masih tersedia lauk wajib yang mengelilingi nasi tumpeng. Bentuk nasi tumpeng dan warna yang digunakan dilihat dari jenis perayaan yang digelar. Ada juga yang berpendapat bahwa bentuk nasi tumpeng menyerupai gunung bermakna hubungan manusia dengan alam dan penciptanya. Warna kuning bermakna kekayaan dan sayuran yang digunakan juga sesuai dengan harapan yang diinginkan. 

Apapun bentuk dan warna nasi tumpeng yang diinginkan bisa Anda sesuaikan dengan acara yang akan diselenggarakan. Anda bisa juga menyebutkan bentuk dan warna yang diinginkan saat pesan nasi tumpeng di Jagakarsa Jakarta Selatan di nasitumpengjakartaselatan.com. Kami menyediakan berbagai menu nasi tumpeng menarik dengan bentuk dan warna yang unik sehingga sangat cocok untuk digunakan berbagai acara yang sedang Anda selenggarakan. Segera hubungi kami melalui nomor telepon 0812-9430-9199 atau dapat pula melalui whatsapp dengan nomor yang sama. Bisa juga melalui email di jakartanasitumpeng@gmail.com untuk melakukan pemesanan secara online.