Pesan Nasi Tumpeng di PejatenDalam perayaan kemerdekaan yang selalu diadakan pada tanggal 17 Agustus, biasanya tumpeng menjadi pilihan konsumsi utama. Entah nasi tumpeng sebagai hidangan pada acara kemerdekaan atau dijadikan tema lomba Agustusan. Kenapa? Karena memang nasi tumpeng menjadi salah satu masakan tradisional tanah air yang sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak lama.

Dalam acara kemerdekaan, hidangan nasi tumpeng terdiri dari nasi kuning dengan cita rasa gurih yang dibentuk menjadi kerucut. Kemudian diletakkan di atas sebuah nampah bambu atau baki yang diberi alas daun pisang. Di sekelilingnya diberi lauk pauk komplit, lengkap dengan sajian seperti ayam goreng, telur rawis atau telur dadar, urap, perkedel kentang, mie goreng, sambal, dll. Tidak hanya acara Agustusan sebenarnya, namun juga acara-acara spesial lain seperti sunatan atau ulang tahun.

Pesan Nasi Tumpeng di Pejaten

Nyatanya tidak hanya penampilannya yang indah, namun tumpeng juga memiliki keistimewaan lainnya. Selain rasanya juga lezat, ternyata nasi tumpeng untuk perayaan kemerdekaan mempunyai makna filosofi yang mendalam. Mulai dari kenapa bentuk tumpengnya kerucut, sampai kepada pemilihan lauk pauk di sekelilingnya dan itu semua bisa ditemukan. Nah, dengan mengetahui makna atau arti dari nasi tumpeng itu sendiri maka kita jadi bisa lebih menghargai masakan tradisional ini dan proses masaknya.

Makna Nasi Tumpeng Dalam Acara Agustusan Kemerdekaan

Sajian tumpeng menyerupai gunungan tinggi, ini ada makna tersendiri. Begitu pula lauk pauk pelengkapnya. Berikut mari kita intip ulasan jelasnya di bawah ini:

  • Nasi kemerdekaan

Di dalam sebuah nasi tumpeng kemerdekaan, nasinya dibentuk menjadi sebuah gunungan mengerucut. Dan sesuai dengan bentuknya tersebut maka memang nasi tumpeng merepresentasikan pegunungan yang begitu banyak jumlahnya di tanah air. Dan bentuk kerucut ini juga jadi simbol bentuk tangan yang mengucapkan syukur kepada Tuhan YME.

Nasi yang digunakan sendiri kebanyakan nasi kuning ataupun nasi putih gurih/ biasa. Kedua warna nasi ini juga memiliki makna tersendiri. Nasi putih bermakna suci sedangkan nasi kuning bermakna rejeki atau kekayaan dan kesejahteraan yang melimpah ruah.

  • Ayam

Ayam merupakan salah satu lauk pauk utama dalam sebuah tumpeng dan ayam di sini juga biasanya jadi bintang nasi tumpeng kemerdekaan. Ayam yang digunakan biasanya adalah ayam jago dan sebaiknya agar lebih sehat, dipakai ayam kampung saat memasak. Ayam yang disajikan bentuknya harus utuh, bisa digoreng atau dibakar. Bahkan ada juga yang dimasak memakai kaldu santan serta bumbu kuning. Ayam jago ini bermakna sebagai sebuah doa agar kita terbebas dari sifat buruk ayam seperti sifat congkak.

  • Telur

Telur yang sering disajikan pada sebuah tumpeng adalah telur dadar atau telur rawis. Telurnya digoreng dadar terlebih dahulu kemudian baru dipotong-potong tipis seperti mie kwetiau. Ada pula sajian tumpeng dengan telur yang tidak digoreng atau dipotong, namun dipindang dengan kulitnya yang masih lengkap. Nah, setelah kita akan makan telur tersebut baru dikupas. Proses makannya sendiri punya makna yang mendalam. Artinya segala tindakan sebaiknya harus direncanakan dengan matang terlebih dahulu. Selain itu, juga bisa bermakna mewakili kekayaan alam hewani Indonesia.

  • Urap sayur

Urap sayur menjadi hal wajib dalam sebuah tumpeng, tidak hanya ayam ataupun telur. Urap terdiri dari sayuran yang diberi bumbu parutan kelapa gurih. Sayuran yang biasanya dipakai seperti kangkong yang menjadi simbol kemudahan beradaptasi, taoge yang berarti inovasi, dan sebagainya. Selain urap sayur, juga di bagian puncak tumpeng ditancap dengan cabai merah panjang yang melambangkan api pencerah kehidupan.

  • Sambal teri

Ikan teri menjadi lambang kekayaan laut di Indonesia dan umumnya dia dimasak dengan sambal kacang, sehingga jadi sambal kacang teri yang enak, guruh dan garing. Ikan teri ini sendiri kalau di perairan sering berenang bergerombol sehingga menjadi simbol kehidupan yang rukun. Selain ikan teri, kebanyakan orang juga sering menggantinya dengan ikan bandeng dan ikan lele. Ikan bandeng memiliki banyak duri menjadi simbol rejeki yang banyak seperti duri di ikan bandeng, sedangkan ikan lele menyimbolkan ketekunan dan kekuatan.

Itulah beberapa makna mendalam dari sebuah nasi tumpeng kemerdekaan. Anda bisa pesan nasi tumpeng di Pejaten Jakarta Selatan untuk 17 Agustus dan memakannya bersama warga sekitar atau kampung dalam perayaan Agustusan.

Pesan Nasi Tumpeng di Pejaten untuk Agustusan

Merayakan kemerdekaan bersama keluarga atau tetangga tanpa nasi tumpeng rasanya kurang afdol. Makanya hingga kini, banyak orang menghidangkan nasi tumpeng ketika merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Mereka yang ada di Pejaten, juga sering pesan nasi tumpeng di Pejaten murah untuk merayakan hari spesial termasuk Kemerdekaan.

Sebagai penyedia tumpeng spesial di Jakarta Selatan, kami pun menawarkan nasi tumpeng enak yang bisa dipesan dalam perayaan semacam ini. Tidak hanya Agustusan, namun juga hari spesial lain seperti pernikahan, lamaran, ulang tahun, dll. Kenapa memilih jasa catering kami?

  • Cara pemesanan yang mudah dengan sistem online serta CS yang siap kapan saja melayani pemesanan dari pelanggan.
  • Pelanggan dapat memilih untuk bayar dengan sistem DP atau COD khususnya bagi yang baru pertama kali memesan.
  • Rasa tumpeng yang dijamin enak, tidak eneg, dan tampilannya rapi serta cantik. Dibuat dengan cara masak higienis di hari-H acara sehingga tidak cepat basi.
  • Langsung dikirimkan ke tempat tujuan pengiriman acara yang sudah disepakati dengan layanan delivery order kami. Ada promo gratis ongkir pula.

Jangan ragu lagi pesan nasi tumpeng di Pejaten dari jasa catering Nasi Tumpeng Jakarta. Rasakan sendiri kelebihannya!